2013/05/13

Olahraga, Antara kesibukan dan Kemalasan

Tulisan ini dibuat untuk menyemangati diri sendiri dan sekedar sharing untuk membagi cara yang efektif supaya saya dan teman-teman yang membaca ini, mau berolahraga secara teratur, tidak muluk-muluk dan konsisten. 

KONSISTEN? Yap. Karena kalau menyangkut kata 'olahraga', saya termasuk orang yang tidak konsisten dan suka cari-cari alasan untuk menghindari urusan ini.
 
Apa yang biasa terjadi pada wajah kita bila mendengar kata 'olahraga' ? 
Secara pribadi, alis saya akan langsung naik keatas dan bibir membentuk cengiran malu, lalu otak akan bekerja untuk segera me-setting ulang jadwal olahraga terbaik dan ternyaman buat saya.  Yang kemudian semuanya akan saya lupakan dengan seketika dengan alasan sibuk dan atau malas. 

Padahal solusi utama yang saya harus lakukan untuk dapat berolahraga adalah : Meluangkan Waktu!
Meluangkan waktu untuk berolahraga. Itu saja.

Semua orang selalu sibuk. Sibuk bekerja, sibuk kuliah, sibuk mengajar, sibuk menulis, sibuk belanja, sibuk keluar rumah untuk antar jemput anak, dan seterusnya. Dan, semua orang selalu malas. Malas bekerja, malas kuliah, malas mengajar, malas menulis, malas belanja, malas keluar rumah untuk antar jemput anak, dan sebagainya. Sehingga, waktu untuk berolahraga selalu tidak tersedia. Seperti saya.

Herannya, selalu ada waktu untuk bermimpi. Mimpi punya badan kurus, perut tidak buncit, tidak sakit-sakitan, dan seterusnya. Tapi tetap tak punya waktu untuk berolahraga.

Baiklah, mari kita mulai meluangkan waktu untuk berolahraga. Berapa lama?
Banyak artikel di internet atau majalah-majalah kesehatan yang memberikan solusi olahraga kilat, sehingga orang tetap bugar setiap hari. Mulai dari senam aerobik selama 30 menit, senam pilates selama 20 menit, bahkan olahraga ringan selama 12 menit. Maklum waktu sangat penting. Penting untuk membuat orang bersemangat berolahraga. Dan jangan lama-lama. Nanti malas mengulang olahraga rutin tiap hari.

Seorang teman yang menjadi tempat pelarian saya, jika sedang ingat berolahraga, memberikan solusi instan yang cukup manjur untuk dilaksanakan tiap hari, dalam rangka menjaga kebugaran tubuh saya. Dia tidak menganjurkan saya untuk berolahraga, beliau merubah cara pandang saya, dan beliau hanya memberikan anjuran agar saya 'melakukan gerakan' sit up sebanyak 33 kali, push up 33 kali,dan angkat barbel 3 kilo 33 kali/tangan 2 set. Setiap hari setelah sholat subuh. Dengan peringatan, bahwa yang terpenting adalah mengingat bahwa saya tidak 'berolahraga', hanya 'melakukan gerakan' selama 198 detik (33 kali sit up=33detik, 33 kali push up=33 detik, 2 x2 tangan x 33 kali barbel= 132 detik). 

Dan setelah dilakukan, ternyata ide ini cukup manjur buat saya.

Sebagai ibu yang sibuk, selalu ada saja pekerjaan menanti saya, jadi satuan detik dalam olahraga membuat saya berpikir, ini tidak akan lama. Dan waktu setelah sholat subuh membuat saya sempat 'bergerak' dan memiliki privasi sebelum sibuk dengan dapur, sarapan, dan segala persiapan sekolah dan kerja untuk suami dan  anak-anak.

Sebagai wanita yang suka tantangan (baca: ego tinggi), melakukan 198 kali gerakan secara rutin dan konsisten tiap hari adalah tantangan yang hebat. Cukup untuk memuaskan ego saya. Tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan. Cukup untuk memamerkan pada teman-teman saya yang lain bahwa saya mampu berolahraga, eh, 'melakukan gerakan' rutin yang menyehatkan.

Hasilnya memang tidak akan menghilangkan perut buncit atau lemak-lemak yang menumpuk disana-sini. Memang bukan itu tujuannya. Hasil yang saya rasakan adalah saya bugar, tidak mudah lelah, tidak mudah terserang flu dan selalu bersemangat. Alhamdulilah.

Jadi supaya kita 'gak selalu menghindar dari kewajiban menjaga kesehatan tubuh, luangkan waktu untuk melakukan gerakan-gerakan sehat. Tetapkan waktunya dulu, jangan rencana mau olahraga apa. Ingat loh...jangan samakan melakukan pekerjaan rumah tangga itu adalah olahraga yaa. Beda. Kalau bisa, luangkan 198 detik saja buat melakukan gerakan-gerakan yang menyehatkan itu, jadi tubuh kita selalu bugar.
 
Semoga artikel ini membuat kita tambah semangat untuk menjaga kebugaran tubuh kita sendiri. Semangat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar